Soal & Kunci PTS Seni Budaya Kelas 10 Semester 2 SMK

Soal & Kunci PTS Seni Budaya Kelas 10 Semester 2 SMK ini sangatlah lengkap apalagi pelajaran seni budaya ini tentu juga memuat teori-teori penting yang akan menunjang prakteknya. Sehingga hal itu dibutuhkan uji coba melihat sejauh mana pemahaman para siswanya. Para guru tentunya tidak bisa tinggal diam jika ada para siswa yang kurang paham dengan pelajaran seni budaya ini. Untuk itu latihan soal merupakan solusi terbaik guna menyempurnakan pembelajaran yang ada seperti halnya penjelasan terhadap materi dari seni budaya ataupun juga pemberian buku catatan. Sebab, dengan adanya latihan soal ini tentu saja mereka akan dilatih berkali-kali. Maka dari itu, pada saat ujian berlangsung mereka lebih tahu bagaimana gambaran jelas untuk mengerjakan soal-soal dari seni budaya ini. 

Para guru juga tidak akan perlu lagi bersusah payah dalam mencari mana saja poin-poin penting yang terdapat di dalam pelajaran seni budaya. Guna membuat latihan soal untuk para muridnya. Hal itu tentu saja akan memerlukan banyak sekali waktu.Jadi, untuk mempersingkatnya para guru dapat menggunakan latihan soal ini agar bisa diberikan sejak jauh-jauh hari. Apalagi di awal semester itu akan sangat membuat para siswa bisa terlatih dalam mengingat apa yang telah dipelajari selama ini. Sehingga proses belajar mengajar pun akan lebih baik lagi. Maka dari itu, Para siswa tidak akan berniat atau berkeinginan untuk melakukan suatu kecurangan tertentu. Seperti halnya membawa contekan pada saat ujian ataupun juga mereka bekerja sama satu sama lain dan memaksa para teman untuk memberikan jawaban. Tentunya hal itu akan sangat merugikan mereka di kemudian hari dan perbuatan itu sangatlah tidak dibenarkan. Maka dari itu, tugas para guru adalah memastikan setiap murid yang diberikan pelajaran seni budaya ini memang benar-benar menguasai pelajaran itu dan pada saat mereka ujian semuanya sudah siap.

Soal & Kunci Penilaian Tengah Semester Seni Budaya Kelas 10 SMK Semester 2

1. Berikut yang tidak termasuk akibat dari ketiadaan apresiasi seni budaya adalah ….
A. Mudahnya budaya luar untuk masuk dalam budaya masyarakat Indonesia
B. Upaya menjaga bentuk – bentuk seni budaya nusantara
C. Sulitnya memberikan penilaian suatu karya seni
D. Sulitnya membangun komunikasi antara seniman dan penikmat seni
E. Seseorang sulit memahami dan mencintai seni budaya

2. Hal-hal yang menyebabkan perbedaan apresiasi yang ditunjukan oleh setiap orang adalah, kecuali….
A. Perbedaan tingkat ilmu pengetahuan
B. Perbedaan pemahaman
C. Nilai dan norma dalam masyarakat
D. Status social
E. Kondisi internal dalam diri seseorang

RajaBackLink.com

3. Ahli yang menyebutkan bahwa apresiasi terhadap suatu bentuk kreasi seni merupakan suatu tindakan kreatif adalah ….
A. Soedarso
B. Rollo May
C. Brent G.Wilson
D. Edmund Feldman
E. Basoeki Abdullah

4. Alasan nilai estetika menjadi nilai yang paling sering muncul dalam apresiasi seni budaya adalah….
A. Kepekaan seseorang terhadap nilai-nilai estetika
B. Masyarakat memiliki norma tersendiri terkait estetika
C. Tanpa nilai estetika,seseorang sulit mengapresisasi seni budaya
D. Estetika merupakan nilai tertinggi yang ada dalam diri manusia
E. Tingginya nilai estetika dalam berbagai bentuk karya seni budaya

5. Salah satu ciri dari apresiasi pasif adalah ….
A. Menunjukan tingginya minat seseorang terhadap karya seni
B. Memerlukan penelusuran informasi lebih lanjut
C. Tidak didasrkan pada cerapan panca indera
D. Berdasarkan cerapan panca indera
E. Memerlukan proses analisis

6. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh informasi seni budaya menggunakan pendekatan aplikatif adalah ….
A. Melakukan praktik berkarya
B. Bertanya kepada keluarga dan kerabat
C. Menelusuri sumber sejarah diinternet
D. Menelusuri sejarah penciptaan seni budaya
E. Kunjungan ketempat kesenian

7. Apresiasi estetis dapat dimaknai sebagai ….
A. Apresiasi yang ditunjukan secara mendalam
B. Upaya penilaian berdasarkan unsur-unsur cerapan pancaindra
C. Upaya penilaian terhadap suatu bentuk karya seni melalui pengamatan dan penghayatan
D. Apresiasi yang bersifat serta merta dan tidak melakukan pendalaman 
E. Upaya penilaian yang lebih kompleks terhadap suatu karya seni

8. Hal yang menyebabkan kurang maksimal maksimalnya apresiasipada pendekatan kesejarahan adalah ….
A. Ketiadaan dedikasi
B. Banyaknya karya seni yang dia pelajari
C. Pesatnya perkembangan seni budaya yang akan diapresiasi
D. Sulitnya mengaksesdaeral pelestari seni budaya
E. Banyaknya informasi terkait seni faya

9. Berikut yang tidak termasuk tujuan dari apresiasi seni budaya adalah ….
A. Mengembangkan kreativitas
B. Menyempurnakan karya seni
C. Menumbuhkan kepekaan estetis
D. Menambahkan pengalaman berkesenian
E. Memahmi alasan penciptaan karya seni

10. Memperhatikan penggunaan warna yang digunakan dalam suatu lukisan merupakan kegiatan yang dilakukan pada tahapan ….
A. Interprestasi
B. Penilaian
C. Deskripsi
D. Evaluasi
E. Analisis

11. Contoh manfaat dari apresiasi seni budaya adalah ….
A. Menumbuhkan kepekaan estetis
B. Menguji kemampuan kritikus estetis
C. Mengetahui kualitas suatu karya seni
D. Meningkatkan kualitas suatu karya seni
E. Mengembangkan potensi suatu karya seni

12. Kegiatan analisis mengandung makna ….
A. Memberikan penilaian terhadap aspek-aspek karya seni tersebut
B. Mengidentifikasi karya seni melalui hasil cerapan pancaindra
C. Mendeskripsikan makn yang tersimpan dalam karya seni
D. Mengaitkan unsur-unsur pembentuk yang terlihat dalam karya seni
E. Penengkapan makna yang terkandung dalam karya seni

13. Contoh pengaruh unsur ekstrinstik yang digunakan dalam tahap interprets adalah ….
A. Alat dan bahan yang digunakan seniman dalam menciptakan karya seni
B. Teknik yang digunakan seniman dalam menciptakan karya
C. Besar kecilnya objek yang terlihat dalam dalam suatu karya
D. Latar belakang seniman dalam menciptakan karya
E. Lokasi tempat karya tersebut dipamerkan

14. Mengenali bentuk-bentuk seni budaya Nusantara dapat dilakukan dengan banyak cara, kecuali ….
A. Mencari informasi melalui sumber tertulis
B. Media elektronik
C. Mengunjungi museum
D. Menonton pertunjukan karya seni
E. Menanya kepada praktisi seni

15. Pernyataan yang sesuai mengenai kaitan apresiasi dan upaya pelestarian seni budaya Nusantara adalah ….
A. Apresiasi dan upaya pelestarian seni budaya Nusantara adalah dua hal yang saling bertentangan
B. Apresiasi merupakan hasil yang akan diperoleh dari upaya pelestarian seni budaya Nusantara
C. Tanpa apresiasi,upaya pelestarian seni budaya nusantara hanya akan menjadi wacana
D. Tanpa upaya pelestarian seni budaya nusantara ,apresiasi hanya akan menjadi wacana
E. Upaya pelestarian seni budaya nusantara dapat dilakukan tanpa apresiasi

16. Kegiatan mengenali bentu-bentuk seni budaya Nusantara dengan cara mengikuti upacara Tabuik , berasal dari manakah upacara tersebut ….
A. NTB
B. NTT
C. Bali
D. Sulawesi Selatan
E. Sumatra Barat

17. Motif dari batik Parangkusumo memiliki ragam hias utama menyerupai ombak yang senantiasa menghantam tebing dan karang tanpa kenal lelah, makna dari hal tersebut dalam kehidupan adalah ….
A. Toleransi
B. Perjuangan dan usaha
C. Usaha dan doa
D. Semangat giat bekerja
E. Sabar dan tidak mudah marah

18. Mempelajari bentuk-bnetuk seni budaya Nusantara dengan cara menyukai seni batik Singabarong,berasal dari daerah manakah batik tersebut ….
A. Solo
B. Yogyakarta
C. Cirebon
D. Pekalongan
E. Garut

19. Konsep keindahan seni rupa timur adalah bersifat komunal yang bermakna karya seni merupakan….
A. Milik Bersama
B. Hasil tiruan
C. Hasil kreativitas pencipta
D. Media spiritual
E. Bentuk harmonisasi dengan alam

20. Seni rupa India banyak dpengaruhi oleh budaya dari agama….
A. Islam
B. Kristen
C. Hindu-Buddha
D. Taoisme
E. Konghucu

21. Kehidupan yang harus senantiasa selaras dan harmonis dengan alam merupakan konsep seni rupa yang berasal dari ….
A. Tiongkok
B. India 
C. Indonesia
D. Timur tengah
E. Thailand

22. Berikut yang bukan negara atau wilayah penganut seni rupa timur adalah ….
A. Mesir
B. Qatar
C. Indonesia
D. Polandia
E. India

23. Ciri-ciri seni dekoratif adalah ….
A. Subjeknya berupa manusia dan alam sekitarnya
B. Tidak memiliki nuansa gelap-terang
C. Tidak menghadirkan subjek yang sifatnya realistis
D. Banyak menampilkan motif geometris
E. Memiliki perspektif tertentu

24. Ziggurat merupakan nama bangunan di Mesopotamia yang dibangun dengan tujuan….
A. Makam para raja
B. Memuja dewa-dewa
C. Memberika penghormatan kepada arwah leluhur
D. Menunjukan harmonisasi antara manusia
E. Menunjukan kebudayaan komunal

25. Ajaran Taoisme mempercayai bahwa nilai – nilai kehidupan bersumber dari segala sesuatu yang ada di alam semesta, berasal dari manakah ajaran tersebut ….
A. Jepang
B. Tiongkok
C. Korea
D. India
E. Arab Saudi

26. Ajaran Islam melarang penggambaran makhluk hidup,oleh karena itu berkembang seni karya berupa ornament atau arabeska yang artinya adalah….
A. Pembatasan diri agar jangan menciptakan gambaran makhluk hidup
B. Bersifat toleransi sesama umat
C. Menggambarkan Roh nenek moyang
D. Pemujaan terhadap dewa-dewa
E. Pembatasan penggambaran terhadap makam Raja

27. Bangunan candi Borobudur di Magelang merupakan tempat untuk beribadah untuk agama ….
A. Hindu
B. Buddha
C. Konghucu
D. Islam
E. Protestan

28. Bangunan candi Prambanan di Klaten merupakan tempat untuk beribadah untuk agama ….
A. Hindu
B. Buddha
C. Konghucu
D. Islam
E. Protestan

29. Mempercayai bahwa segala sesuatu yang ada didunia bersifat fana atau tidak kekal merupana konsep dari ajaran ….
A. Taoisme 
B. Kepercayaan Mesir kuno
C. Ajaran Hindu-Buddha
D. Ajaran Islam 
E. Spiritualitas

30. Karya seni Timur Tengah banyak berbentuk ornament dan arsitektur karena….
A. Masyarakatnya tidak suka lukisan
B. Masyarakatnya tidak suka menggambar
C. Melarang menggambar makhluk hidup
D. Masyarakatnya lebih menyukai seni arsitektur
E. Menyukai ornamen-ornamen

31. Berikut yang merupakan bentuk dari ajaran Tao adalah ….
A. Bersumber dari nilai-nilai kehidupan yang ada dialam semesta
B. Manusia boleh tidak mengikuti ajaran Tao untuk kehidupan yang seimbang
C. Keindahan harus berlandaskan pada kemanusiaan
D. Keindahan harus berlandaskan pada toleransi
E. Seniman perlu menciptakan karya seni untuk roh nenek moyang

32. Ahli yang menyebutkan bahwa segala sesuatu bentuk dan sifatnya indah akan dicintai karena keindahan membawa kesenangan dan kebahagiaan adalah ….
A. Al-ghazali
B. Lao Tzu
C. Konfusius
D. The Liang Gie
E. Aristoteles

33. Dalam seni rupa Timur, nilai keindahan yang paling utama adalah nilai ….
A. Kemanusiaan
B. Spiritual
C. Emosional
D. Realistis
E. Estetika

34. Seni rupa yang tumbuh pada masa purbakala sampai sekarang dalam sejarah lahir dan lembah- lembah sungai adalah….
A. Seni rupa Timur
B. Seni rupa Barat 
C. Seni rupa Modern
D. Seni rupa era digital
E. Seni rupa era kemerdekaan

35. Berikut yang bukan merupakan ciri keindahan seni rupa bercorak ajaran Islam adalah ….
A. Perwujudan yang realistis
B. Terwujud dalam bentuk arabeska
C. Mengutamakan kesempurnaan
D. Mengutamakan sisi spiritual
E. Terwujud dalam bentuk kaligrafi

Sumber gambar: pexels free images